Wednesday 8 January 2014

Install Windows 7 / XP di Laptop Terbaru


Suatu hari Bos membeli laptop baru AXIOO Type NEON NRW, dan karena belum ada isinya, maka Bos menyuruh saya untuk menginstall laptop baru tersebut.

Saya mencoba untuk menginstal laptop tersebut dengan windows yang saya punya, kebetulan saya punya windows XP Sp. 2, Windows XP Profesional dan Windows 7.

Pertama saya coba windows 7.

Pada awalnya Booting hingga preparing installation berjalan dengan baik, namun ketika masuk windows is starting tiba-tiba laptop mati dan terjadi Blue Screen.

Barangkali tidak cocok saya turunin versinya, saya ganti dengan Windows XP Proffesional, kejadiannya sama, Blue Screen ketika proses sampai di Windows is starting.

Saya berfikir, masa laptop baru hard ware nya bermasalah, terakhir saya coba menggunakan Windows XP Sp. 2, ternyata kejadiannya tidak jauh berbeda, Blue Screen ketika proses sampai di Windows is starting.

Akhirnya karena takut disalahkan karena selalu Blue Screen, (karena yang saya tahu salah satu penyebab Blue Screen itu adalah kerusakan pada Memory, lebih parahnya lagi kerusakan pada Mainboard), akhirnya saya menyerah. dan Laptop tersebut selanjutnya dibawa ke Toko Komputer yang menerima jasa penginstallan komputer.

Masalah Selesai.

Beberapa hari kemudian, saya dihubungi teman untuk menginstall laptop yang baru dibeli, kali ini laptopnya TOSHIBA Satelite C.800 D Series.

Ketika saya buka laptop tersebut, saya kaget, kok sudah ada windowsnya, tapi windows 8, karena saya pun baru pertama kali membuka windows 8, saya bingung bagaimana mengoperasikannya. saya fikir saya aja bingung bagaimana yang punya laptop yang sebelumnya belum pernah bermain komputer, selain HDDnya juga tidak dipartisi, jadi HDD 320 Gb, ada di Drive C.

Akhirnya saya coba untuk menginstall ulang, dan menurunkan versinya menjadi Windows 7, karena tampilan Windows 7, sama dengan windows yang digunakan pada umumnya, tidak seperti Windows 8.

Namun permasalahan muncul, laptop tidak bisa booting dari CD, padahal di BIOS sudah saya setting untuk booting CD. semalaman saya mencoba untuk menggunakan booting CD tidak berhasil.

Besoknya saya cari informasi di mbah Google, saya dapat jawaban, bahwa untuk bisa booting  dari CD ada beberapa pengaturan BIOS yang harus disesuaikan.

1.  Yang pasti boot first harus dari CD / DVD
2.  Di tab  Security  >>  Secure Boot  >>  Pilih Disabled
3.  Di tab  Advance  >>  System Configurasi  >>  Boot Mode  >>  UEFI ganti dengan CMS Boot
4.  Untuk memilih Boot CD ketika Start komputer harus menekan F12.

Setelah mendapat petuah dari mbah Google, malemnya saya praktekkan, ternyata saya berhasil booting dari CD, Proses berjalan. namun permasalah selanjutnya kembali terjadi Blue Screen, sama seperti permasalahan diatas. Ahkirnya malam kedua saya belum berhasil menginstall laptop tersebut.

Besoknya kembali saya menghadap mbah Google dan minta petuah lagi, dan ternyata jawabannya sangat singkat, dan masih di pengaturan BIOS :

5.  Di tab Advance  >>  System Configurasi  >>  SATA Mode  >>  AHCI ganti dengan IDE

Karena saya punya waktu luang untuk menginstall hanya di waktu malam, maka malamnya kembali saya coba untuk melaksanakan petuah mbah Google. dan ternyata akhirnya berhasil proses barjalan sebagaimana mestinya. Dan akhirnya saya berhasil menginstall Laptop terbaru dengan Windows 7 Profesional pada malam ketiga.


Semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat buat orang lain.

No comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI GLOBALCOMPUTER-DABO.BLOGSPOT.COM.... TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI GLOBALCOMPUTER-DABO.BLOGSPOT.COM.... TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI GLOBALCOMPUTER-DABO.BLOGSPOT.COM.... TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI GLOBALCOMPUTER-DABO.BLOGSPOT.COM....