Wednesday 22 May 2013

Cara Memperbaiki Printer Canon MP258 Error P07 atau 5B00


Cara Memperbaiki Printer Canon MP258 Error P07 atau 5B00Canon MP258 merupakan Printer multifungsi yang juga bisa digunakan sebagai scanner atau mesin fotokopi. Nah.. beberapa hari lalu ada teman yang datang membawa printer jenis ini ke tempat penulis dengan kondisi rusak. Kebetulan Teman saya ini biasa menggunakannya sebagai fotokopi saja. Dan baru saja saya sempat mengecek kondisi printer dan masalahnya langsung terlihat dari indikator yang menunjukkan E-P-0-7 secara bergantian. Ini artinya Error P07.
Error P07 ini merupakan proteksi seperti pada printer sejenis seri sebelumnya yang muncul jika sudah mencetak atau print sangat banyak yang melebihi kapasitas memori di dalam printer canon MP258 ini. Error P07 jika terpasang pada komputer akan menunjukkan kode Error 5B00.
Masalah seperti ini sering dijumpai jika printer sudah dipakai cukup lama dan sudah mencetak sangat banyak. Solusi atau cara memperbaikinya sangat mudah dan Anda bisa mencobanya sendiri.
Berikut cara mengatasi error P07 pada printer canon MP258 :
  1. Download dan Extract dulu aplikasi Service Tool yang bisa didapatkan gratis disini.
  2. Cabut jack power dari colokan listrik untuk memastikan printer pada kondisi mati atau off. Kemudian pasang lagi.
  3. Pencet dan tahan tombol Stop/Reset dan diteruskan dengan menekan dan menahan juga tombol Power.
  4. Masih kondisi kedua tombol di pencet, lepas tombol Stop/Reset, lalu tekan 2 kali tombol Stop/Reset tersebut 2 kali dan kemudian lepas bersamaan dengan tombol Power.
  5. Tunggu beberapa saat, printer akan memproses perintah tersebut hingga indikator menunjukkan angka 0.
  6. Pastikan printer terhubung dengan komputer dan jangan lupa siapkan 2 lembar kertas untuk proses reset ini.
  7. Buka aplikasi Service Tool yang sudah Anda download.
    Cara Memperbaiki Printer Canon MP258 Error P07 atau 5B00
  8. Tekan tombol (1) “Main” seperti pada gambar dan tunggu hingga printer mencetak tulisan D=000.0
  9. Klik tombol (2) “EEProm Clear”, setelah itu klik tombol (3) “EEPROM” dan tunggu proses hingga printer mencetak beberapa tulisan.
  10. Matikan printer dengan menekan tombol Power.
  11. Selesai dan seharusnya printer sudah dalam kondisi normal.
Cara diatas berhasil mengatasi Error P07 pada printer Canon MP258 milik teman saya, mudah-mudahan Anda juga berhasil dengan cara-cara diatas. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI GLOBALCOMPUTER-DABO.BLOGSPOT.COM.... TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI GLOBALCOMPUTER-DABO.BLOGSPOT.COM.... TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI GLOBALCOMPUTER-DABO.BLOGSPOT.COM.... TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI GLOBALCOMPUTER-DABO.BLOGSPOT.COM....